Kesehatan

Cegah Risiko Kanker Payudara Dengan Mengubah Gaya Hidup Berikut

 

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya yang telah banyak merenggut nyawa perempuan. Penyakit tumor ganas ini cukup sulit untuk dideteksi pada tahap awal karena ukurannya yang terlalu kecil. Untuk itu, membekali diri dan keluarga Anda dengan  premi asuransi keluarga my protection yang tepat dapat menjadi cara pencegahan risiko kanker payudara yang pertama. Sebab, pertanggungan ini akan melindungi Anda secara finansial.

Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat berikut juga bisa mengurangi risiko seseorang untuk terkena kanker payudara.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi Seimbang

Tidak sedikit orang yang masih abai soal makanan yang dikonsumsi. Buktinya, banyak orang lebih mementingkan tampilan yang menarik atau rasa yang lezat dibandingkan dengan makanan yang bergizi. Padahal, makanan tersebut tidak punya kandungan gizi yang baik dan bisa berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, langkah pertama untuk mencegah risiko kanker payudara adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Anda bisa memulainya dengan menyantap makanan yang tinggi serat, lemak baik, serta karbohidrat sehat.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, berhatilah-hatilah karena hal ini mampu meningkatkan risiko datangnya beragam penyakit, tidak terkecuali kanker payudara. Oleh karena itu, berusahalah untuk menghentikan kebiasaan ini sedini mungkin.

  1. Hindari Penggunaan Pil KB pada Kondisi Tertentu

Dilansir dari laman Hello Sehat, menggunakan pil KB untuk wanita usia di atas 35 tahun mampu meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Untuk itu, bila keluarga Anda ada yang memiliki riwayat kanker payudara, maka pilihlah alat kontrasepsi selain pil KB atau berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

  1. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih bisa menjadi pemicu munculnya kanker payudara, terutama pada perempuan yang sudah lanjut usia. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen. Sebagai informasi, hormon estrogen merupakan penyebab dari kanker payudara.

Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda menjaga berat badan agar tetap ideal. Caranya dengan berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

  1. Terapkan Olahraga Secara Rutin

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, berolahraga itu penting untuk menjaga berat badan agar terhindar dari risiko kanker payudara. Adapun olahraga yang perlu Anda lakukan cukup olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Dengan catatan, lakukan aktivitas gerak tubuh ini secara rutin agar upaya untuk mencegah risiko kanker payudara dapat terwujud.

Itulah dia beberapa perubahan gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan demi mencegah risiko kanker payudara. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.